TKP Diri

TKP Diri

Saya mempunyai beberapa kali kesempatan bertemu dengan mereka mereka yang menyelesaikan pendidikannya baik di bangku sekolah menengah maupun pendidikan tinggi. Perjuangan selama masa Pendidikan memberikan banyak cerita dan juga bekal untuk melangkah lebih lanjut baik untuk memasuki dunia usaha ataupun dunia industri. Pilihan-pilihan karir ataupun peluang-peluang usaha juga telah menanti.

Kondisi saat ini dengan kondisi saat saya wisuda puluhan tahun lalu juga sudah banyak berbeda. Saat itu Koran Nasional khususnya yang terbit di hari Sabtu masih jadi salah satu sumber info lowongan dan juga beberapa platform untuk mencari pekerjaan sudah mulai ada. Masa-masa wisuda merupakan masa yang menggembirakan dan bisa jadi merupakan salah satu masa penting dimana orang tua merasakan kebanggaan juga. Masa wisuda juga menjadi tanda untuk bersiap memasuki perjalanan hidup berikutnya baik memasuki dunia usaha ataupun dunia industry.

Cari kerja sekarang susah ya…..
Cari karyawan sekarang makin susah ya, generasi sekarang beda dengan dulu
Kerja harus sesuai passion kamu….
Enak ya sekarang kalau mau interview gak harus datang langsung…online saja…
Duh tadi tesnya gak jelas buat apa sih, mau masuk kerja aja ribet amat…
Tadi saya pikir mau dites ternyata suruh main game….
Saya sudah kirim banyak email lamaran kok ngga ada yang nyantol ya…..
Eh.. besok saya mau interview neh… nanti ditanyain apa saja ya…
Saya sih pengennya cari kerjaan yang enak….

Apapun proses seleksi rekrutmen yang dilakukan perusahaan merujuk pada upaya untuk mendapatkan kandidat yang MATCH dengan kebutuhan baik dari kacamata organisasi ataupun kacamata atasan dari posisi yang dituju. MATCH atau KLOP ini merupakan tujuan dari berbagai proses yang dibuat mulai dari membuka lowongan sampai offering untuk mengisi posisi yang dituju.

Beberapa hal yang menjadi dinamika dalam proses seleksi dan rekrutmen ini seringkali menjadi bahan bicara dan diskusi dalam beberapa kegiatan presentasi yang dilakukan untuk menyiapkan memasuki dunia kerja. Berbagai pertanyaan bermunculan sebagai upaya untuk nantinya bisa GOL dan KLOP untuk mengisi posisi yang ada. Jadi sebenarnya apa yang perlu dipersiapkan untuk dapat GOL dan KLOP?

Photo by cottonbro

Seringkali pertanyaan-pertanyaan yang muncul adalah bagaimana bisa melewati tahapan-tahapan yang ada sehingga menjadi yang terpilih. Saya mau menawarkan sebuah perspektif untuk menyiapkan diri memasuki dunia kerja; alih-alih mencari kunci jawaban dari tes psikologi yang ada ataupun mencari tips-tips untuk beberapa tes yang diketahui, mari kita ketahui dulu apa sih tujuan dari semua tes tersebut, kembali lagi untuk mencari kandidat yang KLOP, untuk itu tidak ada salah benar, karena, tes yang baik terkait dengan profil kepribadian, lebih berusaha mencari dan mencocokan profil yang dianggap KLOP dengan profil dari kandidat.

Jadi apa dong yang harus dilakukan?
Jadilah pribadi yang percaya diri! Maksud loe?

Sering dalam beberapa obrolan muncul istilah Be Yourself, Menjadi Diri Sendiri. Ya, tepat sekali. Pertanyaan berikutnya adalah kalau ingin menjadi diri sendiri, sejauh mana kita mengetahui dan memahami diri sendiri? Disadari atau tidak disadari banyak waktu dan kesempatan kita melalui peluang untuk mengetahui dan memahami diri sendiri, hanya saja sering kali belum atau tidak mengalokasikan waktu untuk duduk sejenak dan merefleksikannya. Bukalah kembali catatan-catatan yang berusaha memetakan siapa kita, baik tes bakat, tes psikologi ataupun hal-hal lain.

Bagaimana mungkin kita ingin menjadi diri sendiri tanpa tahu persis diri sendiri ini seperti apa? Apa yang menjadi kekuatan, ciri khas dan unik dari diri sendiri. Mari curi start dengan melakukan profiling terhadap diri sendiri, mari lihat ke dalam dan mulai eksplorasi diri.

Beberapa mungkin pernah tahu konsep Jendela Johari, bagian pertama yang kita lihat adalah bagian dimana kita tahu dan orang lain tahu tentang diri kita, bagian ini akan makin membesar saat lingkaran sosial kita juga berkembang mulai dari lingkaran keluarga inti, keluarg besar, lingkungan rumah kita tinggal, lingkungan sekolan dan berkembang sampai ke lingkungan pertemanan lainnya. Saat itu kita masuk ke wilayah yang kita tidak ketahui tetapi orang lain ketahui. Blind spot ini akan terbuka saat relasi terbangun, celoteh dan masukan dari orang-orang sekitar kita, membuat kita yang awalnya tidak tahu menjadi terbuka terhadap perspektif orang lain dan kemudian merefleksikannya.

Ada juga saat-saat dimana kita tahu tentang diri kita tetapi belum banyak yang tahu, untuk itu proses diskusi, olah pikir dan olah rasa membantu membuka jendela tersebut. Dan akhirnya sering kali ada bagian-bagian yang diri sendiri dan orang lain tidak ketahui akan terbuka dengan adanya beberapa alat bantu termasuk alat-alat asesmen yang dipakai saat seleksi dan rekrutmen.

Mari kita mulai mengenal diri dengan masuk langsung ke TKP.
Tahu, Kenal dan Paham diri adalah langkah awal untuk menjadi diri sendiri.
Kalau sudah masuk ke TKP dan menguasainya maka pasti akan menjadi Percaya Diri

Bambang Yapri

Profil Kontributor
Bambang Yapri | Human Capital Director | People Developer | Leadership Coach | Career & Life Coach | more than 20 years experience in the field of Human Capital; Bambang Yapri, currently, is serving as Human Capital Director for Bina Karya Prima Group, a prominent fast moving consumer goods (fmcg) company with brands such as, Tropical, Shinzu'i, Zen, Ume, forVITA, Hemart, Fraisweel, Fitri that make life a better living. Bambang Yapri is an Industrial Engineer, who started his career in Human Capital from learning and development and grew into national and multinational in different industries, shoes manufacturing industry - Panarub Industry, downstream palm oil industry - PT. SMART Tbk., pharma industry - Boehringer Ingelheim, 3M Indonesia, ecommerce industry - Indo Lotte and sugar refinery industry - Samora Group. He is a Career Coach and Leadership Coach with clients from diverse industries and academic institutions. He was also appointed as General Secretary of Indonesia HR Association (PMSM Indonesia) 2019-2022 and Program Director for International Coaching Federation (ICF) Jakarta Charter Chapter since 2021

Ingin bertanya seputar dunia kerja dan permasalahan praktis yang ditemui kini lebih mudah melalui forum WAG Dunia HR Discussion:

https://weare.duniahr.com

Dukung dan support kegiatan Dunia HR dengan cara follow/subscribe:

Instagram: https://www.instagram.com/duniahrcom/

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCnIChHnIPZEz5BqB0jTxoxQ

Linkedin: https://www.linkedin.com/company/duniahr-com/

Mitra Kolaborasi :

Pasang Lowongan Kerja Gratis 100% tanpa syarat hanya di Rekruter Indonesia Bersatu

Komunitas Belajar HR sesuai SKKNI PeopleUp

Konsultan SDM & Layanan Transformasi Organisasi HeaRt Squad Indonesia

Share this post :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *