Jumat, September 30, 2022

Para Pekerja, Percayalah Solusinya Dekat Sekali dengan Kita

Para Pekerja, Percayalah Solusinya Dekat​​ Sekali​​ dengan Kita

 

 

Kali ini DuniaHR.com​​ berkesempatan berbincang dengan​​ Pak Ang Harry Tjahjono, seorang professional influencer platform linkedin dimana setiap tulisannya selalu memberi inspirasi serta mencerahkan​​ bagi para professional​​ serta para pencari kerja karena banyak berangkat dari keseharian pengalaman beliau​​ bertemu dengan banyak orang.

 

Pandemi telah banyak merenggut banyak hal dari kehidupan normal kita semua, hampir semua orang terdampak dan merasakan​​ beratnya tantangan yang dihadapi 3 bulan belakangan ini. Sulit sekali membayangkan kejadiaan hebat ini bisa terjadi, rasanya baru kemarin pergantian tahun dari 2019 ke 2020 begitu meriahnya kita sambut gembira dengan orang yang kita sayangi​​ serta​​ suasana berdekatan satu sama lain tanpa batas jarak, tanpa masker, tanpa pelindung wajah dan tanpa suasana​​ dan perasaan​​ takut​​ tertular.

 

Kami menanyakan pendapat kepada Pak Ang Harry Tjahjono mengenai situasi yang terjadi saat ini, dengan disrupsi saja kita​​ ‘masih’​​ beradaptasi tiba tiba pandemi datang​​ membuat semua perencanaan hebat dan proyeksi bisnis hanya tinggal kenangan. Tiba – tiba hujan PHK, pemotongan gaji, THR yang dicicil​​ atau bahkan tak terbayar​​ membuat para pekerja kesulitan membayarkan kewajibannya kepada​​ kreditur, bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari-pun​​ banyak yang​​ mengandalkan bantuan dari pemerintah. ​​ Beliau memberikan pandangan dan mengingatkan bahwa kondisi sulit saat ini juga terjadi sebelumnya walau bukan dalam konteks massal ​​ namun dalam konteks individu​​ dan salah satu solusinya​​ sebetulnya​​ dekat sekali dengan kita.

 

Tidak selamanya kegelapan itu buruk

 

Seorang teman 8 tahun lalu jatuh dari bisnis yang sudah dibangun selama bertahun tahun. Sebelum jatuh, kehidupannya luar biasa mapan. Namun karena sukses itulah dia tidak pernah mau mendengarkan orang lain. Karena memang fakta yang terjadi pada saat itu bahwa segala sesuatu yang dia kerjakan membuahkan hasil dan kesuksesan besar !

 

Semua keputusannya memberikan konsekuensi positive bagi bisnisnya. Hidup bergelimang kesuksesan hingga keluargapun terlupakan, keluarga yang dulunya harmonis menjadi kacau bahkan berbanding terbalik dengan kesuksesan bisnis serta karirnya.

 

Exactly 8 tahun lalu, karena keserakahan dia membuat keputusan yang salah dimana selama ini dia selalu membuat keputusan selalu benar sehingga tidak mau mendengar pendapat orang lain. Namun sekali salah, setelah itu selalu saja salah beruntun dan datang silih berganti. Seperti gulungan bola salju menerjang semua yang ada didepan dan menelan dalam sekejap. Bisnis yang dibangun bertahun – tahun hancur, asset pun dijual, dan perempuan ditinggalkan

 

Dia bertemu​​ dengan saya,​​ mengutarakan niatnya​​ meminjam​​ sejumlah​​ dana untuk memulai​​ kembali​​ usaha.​​ Sebagai​​ seorang​​ karyawan, saya​​ hanya bisa memberikan​​ sesuai kemampuan saya​​ namun​​ yang paling penting​​ saya ikhlas​​ apabila resiko terburuknya uang saya tidak kembali.​​ At least​​ saya niatkan tujuannya adalah agar keluarganya bisa makan.

 

Saat​​ kehidupannya demikian. Siapa yang dekat dengan dia? Kembalilah ke istri dan anaknya yang setia. Seorang istri yang hebat dan ada disampingnya menyadarkan bahwa keluarga lah satu-satunya yang dia miliki saat semua meninggalkan dirinya. 

 

Merangkak karir dan usaha dari​​ bawah, dan dibantu teman-teman yang dulu pernah dibantu menjadikan dirinya lebih bijaksana. Untung pada saat dia diatas, dia juga​​ baik dengan teman-temannya. Siapa tahu bisa dibantu.

 

Now ?

 

2 tahun lalu bisnisnya​​ sudah​​ bangkit kembali. Lebih baik dan​​ lebih​​ solid. Karena​​ apa​​ ?​​ Istrinya yang membantu sekarang.​​ Believe it or not. Loving family is a good healer

 

Pada​​ saat COVID19 ini​​ dimana banyak orang sedang kesulitan bahkan untuk menolong dirinya sendiri, dia​​ malah banyak bantu saya merekrut​​ talenta-talenta yang kehilangan pekerjaan. 

 

Siapa bilang kegelapan selamanya buruk​​ ?

 

Sometimes it makes us better and better.

 

the end.

 

“Pikirkan dan renungkanlah kembali​​ keluarga adalah yang paling luar biasa mendukung dan itulah yang ada saat semua tidak ada”

 

Profil Penulis :

 

 

Ang Harry Tjahjono

 

Saat ini bekerja di PT. Salam Pacific Indonesia Lines dengan jabatan GM Human Capital dan Corporate Affairs. Merangkap sbg Chief Human Resources PT. Trans Lintas Perak yang merupakan subsidiary dari PT. Salam Pacific Indonesia Lines. Selai itu Beliau juga dipercaya sbg Chairman Advisory Board Industrial Engineering UK Petra.

Related Articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DUKUNG KAMI

396PengikutMengikuti
113PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles