Jumat, September 30, 2022

Tips Penting Hadapi Pengawas Disnaker

Tips Penting Hadapi Pengawas Disnaker

 

Pengawasan Ketenagakerjaan sering kali menjadi “momok” yang membuat jantung para HR berdebar – debar setiap kali mendengar bahwa para pengawas akan melakukan kunjungan ke perusahaaan, walau sejatinya apa yang dilakukan oleh Pengawas Ketenagakerjaan sangat membantu dalam hal kepatuhan terhadap norma Ketenagakerjaan yang sudah dijalankan oleh perusahaan.

Tetapi konotasi tersebut acapkali sulit dihilangkan apalagi jika ini merupakan pertama kalinya bertemu dengan Pengawas Ketenagakerjaan.​​ Oleh karena hal tersebut kami coba bagikan tips & trik​​ sependek pengalaman kami​​ menghadapi proses pengawasan ketenagakerjaan tersebut, tentunya dengan cara-cara yang​​ patut dan tidak melanggar hukum (legal).

Mari kita sedikit singgung​​ mulai dari​​ hulunya terlebih dahulu yaitu Indonesia adalah Negara Hukum, sebagaimana ketentuan Pasal 1 ayat​​ 3 UUD 1945 dimana ciri-ciri Negara Hukum menurut Aristoteles​​ adalah :

“Negara hukum ialah negara yang berdiri atas hukum yang menjamin keadilan bagi seluruh warga negaranya”.”

Oleh sebab itu proses pengawasan ketenagakerjaan​​ perusahaan tentunya harus berdasarkan ketentuan peraturan​​ undang – undang​​ ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

Dasar hukum dari Pengawas Ketenagakerjaan​​ itu sendiri​​ adalah Pasal 176 s/d 181 Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.​​ Dengan tujuan untuk memastikan dilaksanakannya norma ketenagakerjaan di perusahaan, sehingga dalam pelaksanaannya tidak​​ boleh ada kesewenang-wenangan.

Selain kewenangan yang telah dijelaskan pada Undang-Undang No. 13 tahun 2003, kewenangan pegawai Pengawas Ketenagakerjaan juga diatur pada Pasal 3 Permenaker 33 tahun 2016 tentang Tata Cara Pengawasan Ketenagakerjaan, yaitu :

  • Menjamin penegakan hukum ketenagakerjaan;

  • Memberikan penerangan dan penasihat teknis kepada pengusaha dan pekerja mengenai hal-hal yang dapat menjamin efektifitas pelaksanaan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan;

  • Mengumpulkan bahan keterangan mengenai hubungan kerja dan keadaan ketenagakerjaan dalam arti yang seluas-luasnya sebagai bahan penyusunan dan penyempurnaan perundang-undangan ketenagakerjaan.

Lantas bagaimana Tipsnya dalam menghadapi Pengawas Disnaker?

Berikut Tips Penting Hadapi Pengawas Disnaker:

  • Pastikan yang datang adalah Petugas Pengawas Ketenagakerjaan yang berwenang.​​ Tips pertama pastikan ini Petugas Pengawas asli, bukan petugas palsu atau mengaku-aku petugas pengawas Ketenagakerjaan.

Bagaimana mengeceknya? berikut control check point yang perlu diperhatikan :​​ 

    • Surat tugas dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi/ Dinas Tenaga Kerja/ Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (nomenklaturnya berbeda);

    • Pastikan yang datang adalah Petugas Pengawas Ketenagakerjaan bukan Mediator atau Pegawai Ketenagakerjaan yang tidak memiliki kewenangan melakukan pengawasan;

    • Pastikan Dinasnya adalah Dinas Propinsi/ Bukan Dinas Kabupaten atau Kota (Daerah Tingkat II), karena Pengawas Ketenagakerjaan saat ini berkedudukan di Disnaker Provinsi.

  • Pastikan surat tugas pengawas masih berlaku, selanjutnya cek dan lihat tanggal surat tugas, pastikan tidak kadaluarsa.​​ Kalau dia melewati tanggal tugas maka tidak perlu dilayani sampai dengan yang bersangkutan memperbarui Surat Tugas yang masih berlaku.

  • Pastikan apa yang diperiksa adalah kewenangannya

Hal ini perlu dipastikan, agar tidak memeriksa yang bukan menjadi kewenangan.​​ Bagaimana mengeceknya?​​ Berikut control check point yang perlu diperhatikan :

    • Pastikan ada norma ketenagakerjaan yang harus dipenuhi atau tidak boleh dilanggar oleh Perusahaan;

    • Mintakan dasar hukum, dari setiap item-item yang ingin diperiksa oleh Pengawas ketenagakerjaan;

    • Mintakan dasar pemberian retribusi apabila pegawai pengawas tersebut​​ membebankan biaya​​ administrasi untuk pembuatan dokumen seperti: Wajib lapor tenaga kerja, Wajib lapor fasilitas kerja dan dokumen ketenagakerjaan lainnya)

Demikian Tips Mehadapi Pengawas Disnaker yang dapat kami berikan kepada​​ para pembaca setia DuniaHR.com

Tips dan Trik yang kami berikan bukan bermaksud mengajarkan pembaca untuk melanggar aturan hukum yang berlaku.

Tetapi Tips dan Trik yang kami berikan tersebut bertujuan​​ agar para HR lebih siap apabila sewaktu waktu dilakukan pengawasan dan juga​​ untuk menghindari perusahaan dari kesewenang-wenangan para oknum yang tidak bertanggungjawab

 

Salam,

 

 

Redaksi​​ DuniaHR.com

Related Articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DUKUNG KAMI

396PengikutMengikuti
113PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles