Jumat, September 30, 2022

Merdeka dalam Berkomunitas : Terbentuknya Rekruter Indonesia Bersatu (RIB)

Merdeka dalam Berkomunitas

Terbentuknya Rekruter Indonesia Baru (RIB)

 

Rekruter Indonesia Bersatu (RIB) selain hadir dengan semangat kemerdekaan berkomunitas juga berangkat dari keprihatinan melihat situasi saat ini yang dipenuhi dengan para pencari kerja terdampak akibat banyaknya perusahaan yang tutup

Jaminan dari negara dan semangat kemerdekaan mendorong tumbuhnya komunitas HR diseluruh Indonesia, pilihan yang cukup banyak dan beragam ditambah kemajuan teknologi system informasi, sehingga komunitas yang mungkin awalnya hanya tersebar namun sebatas mailing list, group diskusi website, dan BBM, kini pindah di platform semua social media seperti Whatsapp group, facebook, linkedin dan telegram.

Bagi HR yang haus akan informasi rasanya ini seperti sebuah swalayan dengan jajaran rak produk yang tersusun rapih dan anda bebas memilih mana yang sesuai dengan diri anda. Hal yang mungkin sulit dirasakan oleh generasi HR pada era sebelum social media berkembang seperti saat ini.

Tujuan didirikannya sebuah komunitas HR tentunya bermacam – macam, tergantung ketertarikan dari komunitas itu sendiri atau memang diprakarsai oleh pendirinya, untuk itu kami sedang mempersiapkan riset kecil tentang komunitas – komunitas HR yang ada di Indonesia.

Lahirnya Rekruter Indonesia Bersatu (RIB)

Disela – sela kami menyiapkan riset kecil kami tadi, tanpa sengaja kami menemukan ajakan untuk bergabung disebuah komunitas dengan lingkup HR terbatas yaitu Rekrutmen. Salah satu team kami yang kebetulan berprofesi sebagai HR dan penggiat platform job portal, memutuskan untuk ikut serta di pertemuan awal yang merupakan tonggak sejarah bagi komunitas yang menamakan dirinya Rekruter Indonesia Bersatu (RIB) yang berdiri pada tgl 20 Agustus 2020.

Selain secara aklamasi terpilih ketua komunitas RIB yaitu Afra Adzani dan wakilnya Ang Harry Tjahjono, banyak hal menarik pada pertemuan tersebut yang redaksi DuniaHR.com rangkum secara singkat diantaranya :

  1. Komunitas RIB terbentuk berangkat dari semangat kebersamaan membantu rekan – rekan kita para pencari kerja yang terdampak pandemi dan angkatan baru kerja yang sebelum pandemi pun belum terserap oleh dunia kerja
  2. Keresahan para inisiator komunitas RIB adanya kecenderungan penggunaan tenaga kerja asing yang dirasa mulai mendapatkan tempat di mata pengusaha
  3. Banyaknya tenaga kerja yang belum terserap, sebanding juga dengan banyaknya iklan lowongan kerja palsu serta meresahkan para pencari kerja, RIB melalui member rekruternya akan berperanaktif dalam melakukan verifikasi lpwongan kerja
  4. Dan yang paling menarik dari pertemuan awal ini adalah simulasi dari Teddy Diego mengenai platform job fair virtual khusus RIB yang dapat mengakomodir tujuan dari komunitas, sehingga walau masih dalam bentuk prototype, peserta pertemuan dapat membayangkan kemudahan yang didapatkan jika platform tersebut dapat terealisasi

Selepas bahasan menarik yang disampaikan perihal penggunaan tenaga kerja asing dalam pertemuan RIB tadi siang, ternyata sore ini kami melihat beberapa media online ramai membahas rumor Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

PSSI akan menggunakan pemain muda kelahiran Brazil guna perhelatan Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 di Indonesia, walau dibantah oleh petinggi PSSI akan menggunakan jasa mereka, faktanya pemain muda kelahiran 2001 tersebut memang sudah diperkenalkan ke publik oleh 2 klub peserta Liga 1.

Sungguh melihat fenomena ini merupakan tantangan bagi sumber daya manusia di Indonesia untuk terus dapat bersaing dan dipercaya kemampuannya, namun paling tidak sebagai stakeholders kita punya peran penting untuk dapat mempengaruhi pimpinan organisasinya masing – masing untuk menaruh kepercayaan lebih kepada anak bangsa. Itulah salah satu perjuangan kita semua di era kemerdekaan ini.

Sebagai penutup tidak lupa Redaksi DuniaHR.com mengucapkan selamat kepada Rekruter Indonesia Bersatu (RIB) yang baru terbentuk agar dapat menjalankan program kerjanya dengan baik dan berkontribusi buat kemajuan sumber daya manusia di Indonesia.

Dirgahayu Indonesia ke – 75 & Selamat Tahun Baru Islam 1442 H

 

Redaksi DuniaHR.com
MN

JabatanNama Pengurus
KetuaAfra Adzani
Wakil KetuaAng Harry Tjahjono
AdministrasiHany
Public RelationRagin Daska, Tiara Budiawan
DigitalTeddy Diego
Sosial MediaGhilman Amri

Ingin bertanya seputar dunia kerja dan permasalahan praktis yang ditemui silahkan klik link dibawah ini ya :

https://duniahr.com/ruang-konsultasi/

Jangan lupa follow sosial media kami ya :

https://www.instagram.com/duniahrcom/

https://www.linkedin.com/company/duniahr-com/

Mitra Kolaborasi :

Pasang Lowongan Kerja Gratis 100% tanpa syarat hanya di Bankloker.com

Related Articles

4 Comments

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DUKUNG KAMI

396PengikutMengikuti
113PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles