Jumat, September 30, 2022

Memimpin dari dalam (Leading from within)

Memimpin dari dalam (Leading from within)

Apakah Anda setuju jika jiwa seorang pemimpin (Leader) timbul karena ditempa bukan dilahirkan? meskipun hasrat nyata untuk memimpin merupakan prasyarat kepemimpinan, keterampilan utama (Basic Skill) yang diperlukan untuk memimpin dapat dipelajari.

Kepemimpinan memiliki banyak segi dan tidak ada definisi sederhana. Kemampuan untuk menginspirasi dan mendorong orang lain untuk mengatasi tantangan, menerima perubahan terus menerus, dan mencapai tujuan. Hal tersebut merupakan kapasitas sebagai pemimpin (Leader) untuk membangun tim yang kuat dan efektif dengan berproses menggunakan pengaruh Anda untuk membujuk dan mengarahkan.

Para pemimpin (Leader) memberikan teladan yang kuat melalui prinsip-prinsip kehidupan mereka sendiri; mereka mencapai hasil tetapi juga bertanggung jawab atas kegagalan. Prinsip hidup dapat berupa aturan, keyakinan, atau kode moral yang penting bagi Anda dan memandu pengambilan keputusan Anda sepanjang hidup.

Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menciptakan lingkungan di mana setiap orang tahu kontribusi apa yang diharapkan dan merasa benar-benar berkomitmen untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Tugas dari seorang pemimpin (Leader) adalah memberi orang lain perasaan akan tujuan (goal) dan harga diri (self-worth). Hal ini tidak mungkin dapat dilakukan jika Anda tidak memahami kekuatan dan kelemahan Anda sendiri, atau jika Anda tidak yakin tentang arah yang Anda inginkan untuk menjalani kehidupan profesional dan pribadi Anda. Meningkatkan kesadaran diri adalah bagian penting dari tumbuh menjadi pemimpin yang lebih efektif dan menjadi waspada terhadap efek yang Anda alami pada orang lain.

Bagaimana menjadi seorang pemimpin (Leader)?

Jika Anda berkembang dalam berpikir kreatif, menginspirasi dan membimbing orang, bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda, dan membuat keputusan intuitif, Anda sedang dalam perjalanan untuk menjadi seorang pemimpin (Leader). Namun, pemimpin (Leader) yang benar-benar berprestasi juga memiliki keterampilan analitis dan pemecahan masalah yang baik.

Jadilah pelopor

Orang menghormati pemimpin (Leader) yang merangkul nilai-nilai yang kuat dan bertanggung jawab atas pilihan mereka sendiri dalam hidup. Untuk mendemonstrasikan kekuatan internal ini, Anda perlu terlihat memimpin dengan memberi contoh. Tunjukkan kepada tim Anda bahwa Anda memiliki keyakinan untuk mengambil risiko, bahwa Anda dapat bertahan melewati masa-masa sulit, dan bahwa Anda siap untuk terus belajar, beradaptasi, dan menciptakan peluang bisnis baru (New Ideas).

Mengenal diri sendiri

Tidak semua orang berpikir dengan cara yang sama. Memahami gaya berpikir Anda dan gaya orang lain di sekitar Anda akan memberi Anda beberapa alat kepemimpinan yang berharga. Istilah “gaya berpikir” tidak mengacu pada IQ Anda, tetapi bagaimana Anda memproses informasi; secara luas kita dapat membedakan antara tiga gaya: taktis, operasional, dan strategis.

3 gaya yang berpikir berguna untuk memecahkan masalah yang berbeda:

Kebanyakan orang cenderung terjebak hanya menggunakan salah satu gaya berpikir. Tetapi dengan mengenali gaya berpikir Anda sendiri, Anda mulai mengajukan pertanyaan yang berbeda dan memikirkan masalah dengan cara baru yang segar dan menarik.

Dengan melakukan ini, Anda bekerja lebih efektif dengan tim karena Anda dapat memahami cara mereka berpikir dan berkomunikasi, dan Anda dapat berbicara dengan orang lain dalam “bahasa” mereka sendiri.

Anggatra Herucakra Aji

Profil Kontributor
Anggatra Herucakra Aji | Learning & Development Coordinator di KPN Corp (semen merah putih) 2016-2018 Leadership & Development Specialist di RGE (April) 2018-2019 Learning & Development di SMART Tbk Downstream

Ingin bertanya seputar dunia kerja dan permasalahan praktis yang ditemui silahkan klik link dibawah ini :

https://duniahr.com/ruang-konsultasi/

Jangan lupa follow sosial media kami :

https://www.instagram.com/duniahrcom/

https://www.linkedin.com/company/duniahr-com/

Mitra Kolaborasi :

Pasang Lowongan Kerja Gratis 100% tanpa syarat hanya di Bankloker.com

Related Articles

1 Comment

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DUKUNG KAMI

396PengikutMengikuti
113PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles