Jumat, September 30, 2022

Pindah Kerja Kala Pandemi

Pindah Kerja Kala Pandemi

Pindah kerja  pada saat pandemi atau sebelum pandemi selalu tidak mudah, apalagi bagi yang sudah terlanjur betah dengan ekosistem kerja di perusahaan tempatnya bekerja saat ini.

Namun selalu saja membuat pendirian goyah kala menerima sebuah tawaran untuk pindah dengan paket kompensasi dan benefit yang terlihat lebih baik dari yang diterima saat ini.

Berbahagialah bahwa kompetensi anda diakui oleh pihak lain namun jangan sampai hal tersebut membuat anda berlebihan menyikapinya.

Berikut daftar yang mesti kita perhatikan dengan seksama sebelum memutuskan untuk menyetujui tawaran pindah ke perusahaan yang baru.

Telaah Detail Komponen

Jangan menerima dan menandatangani tawaran paket kompensasi serta benefit dengan terburu – buru, mintalah kesempatan untuk menelaah setiap komponen yang ditawarkan dalam beberapa hari kedepan.

Keputusan sebaiknya didasari perbandingan yang menyeluruh antara yang diterima pada saat ini dengan yang ditawarkan.

Tidak ada salahnya membuat spreadsheet perbandingan item – item komponen baik yang bersifat langsung (cash) seperti gaji pokok, tunjangan maupun bersifat tidak langsung (non cash) seperti dan pensiun, asuransi, kendaraan kantor, dan lain sebagainya.

Kebutuhan individu yang masih lajang dengan yang telah berkeluarga tentu berbeda beda sehingga jangan hanya melihat pada komponen yang bersifat langsung saja (cash) namun sebaiknya perhatikan juga komponen tidak langsung (non cash) yang acapkali terlupakan.

Jangan abaikan benefit seperti misalnya asuransi yang saat ini diterima dan mengcover seluruh keluarga inti.

Jika diperusahaan yang baru menawarkan gaji yang lebih tinggi namun benefit asuransinya lebih kecil dari perusahaan saat ini, perhitungkan apabila benefit asuransi tersebut kita ambil (bayar sendiri) secara individu dengan mengambil selisih perbedaan gaji di perusahaan yang lama dan yang baru.

Pelajari Hak dan Kewajiban

Mintalah konfirmasi kepada HR yang akan merekrut anda kejelasan informasi – informasi dalam paket kompensasi dan benefit yang akan anda terima dan mungkin tidak tercantum dalam Peraturan Perusahaan seperti:

  1. Cara hitung proporsional gaji
  2. Besaran potongan pajak penghasilan
  3. Potongan program jaminan sosial BP Jamsostek dan BPJS Kesehatan
  4. Potongan dana pensiun, potongan koperasi dan lain sebagainya
  5. Cara hitung hak cuti tahunan apakah menyesuaikan dengan bulan bergabung atau menggunakan tahun takwim
  6. Tidak ada salahnya ditanyakan apabila terindikasi covid atau terkena covid bagaimana perlakukan perusahaan terhadap anda dari sisi kompensasi.

Khusus pajak penghasilan jangan lupa, perhitungkan dana yang disiapkan apabila nanti bukti potong 1721A1  perusahaan lama anda serta perusahaan yang baru digabungkan penghasilannya dan dihitung ulang pada saat lapor pajak orang pribadi tahunan.

Lingkup Pekerjaan

Sebelum mengetahui dengan detail job description di perusahaan yang baru, tanyakan secara umum lingkup pekerjaan yang kita anggap penting ditanyakan diawal dan berguna bagi kita untuk menganalisa dipermukaan beban pekerjaan yang nanti akan dihadapi  seperti:

  1. Apakah posisi yang ditawarkan adalan posisi baru atau pengganti? jika posisi baru misi apa yang harus anda lakukan? jika posisi pengganti mengapa yang sebelumnya mengundurkan diri atau bahkan di berhentikan oleh perusahaan?
  2. Apakah akan support untuk anak perusahaan yang lainnya
  3. Espektasi apa yang diharapkan perusahaan dengan kehadiran anda

Ingat Ini Pandemi

Ya tidak salah lagi dan entah sampai kapan pandemi ini akan berakhir, namun ini menyangkut keselamatan diri anda dan keluarga dan memang agak sulit untuk menilai protokol kesehatan yang dijalankan apabila kita belum pernah memasuki lingkungan perusahaan yang baru.

Namun bukan berarti kita tidak bisa menilai dan tanyakan baik langsung ataupun tersirat seperti:

  1. Sebelum bergabung apakah saya harus swab antigen terlebih dahulu atau akan diswab langsung di perusahaan?
  2. “….hari pertama saya masuk apakah saya perlu membawa sertifikat vaksin?”
  3. Apakah nanti ada assesment kesehatan yang wajib diisi setiap hari?
  4. Pakai masker kain saja apakah boleh?

Selain itu anda bisa melihat komentar – komentar pengunjung yang tercantum di ulasan google review pada titik lokasi perusahaan tersebut berada dan juga mencari informasi zona covid lewat website.

Kira – kira apalagi nih ya yang perlu kita perhatikan, silahkan ditambahkan dan semoga berjodoh dengan tawaran pindah kerja yang ada.

Redaksi Dunia HR

[MN]

Ingin bertanya seputar dunia kerja dan permasalahan praktis yang ditemui kini lebih mudah melalui forum WAG Dunia HR Discussion:

https://weare.duniahr.com

Dukung dan support kegiatan Dunia HR dengan cara follow/subscribe:

Instagram: https://www.instagram.com/duniahrcom/

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCnIChHnIPZEz5BqB0jTxoxQ

Linkedin: https://www.linkedin.com/company/duniahr-com/

Mitra Kolaborasi :

Pasang Lowongan Kerja Gratis 100% tanpa syarat hanya di Bankloker.com

Komunitas Belajar HR sesuai SKKNI PeopleUp

Konsultan SDM & Layanan Transformasi Organisasi HeaRt Squad Indonesia

Related Articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DUKUNG KAMI

396PengikutMengikuti
113PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles