Jumat, September 30, 2022

May Day is Our Day = DuniaHR.Com

May Day is Our Day = DuniaHR.com

Sejarah May Day bermula di 5 negara yaitu Norwegia, Swedia, United Kingdom, Romania dan India. May Day merupakan perayaan musim semi kuno dan termasuk budaya tradisional.

Selalu pada tiap festival May Day terdapat tari tarian, nyanyian dan kue. Namun diakhir abad ke-19, May Day telah ditetapkan sebagai hari buruh internasional oleh organisasi “The Second International Comunist and Socialists”.

Hal ini dalam memperingati hari kematian para tenaga kerja demonstrasi karena pengeboman di Haymarket Square Chicago. Dan ini merupakan perayaan yang berbeda dari festival budaya tradisional sebelumnya sehingga saat ini dan bahkan di 5 negara tersebut May Day lebih dikenal sebagai hari buruh internasional.

Di Indonesia perayaan ini sempat dilarang pada era pemerintahan Presiden Soeharto dikarenakan identik dengan faham komunis sehingga tidak dapat bersuara lantang dalam memperjuangkan hak hak buruh pada masa orde baru.

01 Mei 2014 Resmi sebagai Hari Libur Resmi Nasional

Lewat serangkaian perjuangan yang tidak kenal lelah dari seluruh elemen buruh pada era reformasi tepatnya pada tanggal 01 Mei 2014 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi menetapkan Hari Buruh sebagai hari libur resmi, sebuah penantian panjang karena buruh terakhir dapat dirayakan pada era pemerintahan Presiden Soekarno.

Penetapan 01 Mei 2014 sebagai hari libur resmi nasional bukanlah akhir perjuangan namun justru sebagai tonggak awal perjuangan hak hak buruh yang harus terus disuarakan karena esensi May Day adalah Perjuangan dan Persatuan Pekerja bukan hanya sekedar Perayaan belaka.

Bertepatan dengan 01 Mei 2020, DuniaHR.Com berdiri menyapa sebagai bagian tak terpisahkan dengan perjuangan buruh. Buruh seringkali identik dengan pekerjaan kasar dan rendahan, namun jangan lupa karyawan, tenaga kerja, pegawai selama dapat dibuktikan hubungan kerjanya merupakan makna yang sama dengan buruh yaitu pekerja.

Kontribusi kecil kami terhadap perjuangan buruh bisa dilihat dalam fitur dan artikel yang merupakan suara perekat dengan dunia usaha agar buruh (pekerja) dapat mendapatkan informasi dan pengetahuan yang memadai tentang hukum ketenagakerjaan.

Dunia usaha pun dapat beriklan dengan gratis tanpa kami pungut biaya di afiliasi kami yaitu bankloker.com agar bisa langsung menjangkau calon kandidatnya tanpa memusingkan biaya.

Sekali lagi selamat hari buruh, dan doakan kami dapat memberikan manfaat dan perekat bagi semua.

Sejahtera buruhnya maju perusahaannya !

Salam,

Redaksi DuniaHR.com

[MN]

Ingin bertanya seputar dunia kerja dan permasalahan praktis yang ditemui silahkan klik link dibawah ini :

https://duniahr.com/ruang-konsultasi/

Jangan lupa follow sosial media kami :

https://www.instagram.com/duniahrcom/

https://www.linkedin.com/company/duniahr-com/

Mitra Kolaborasi :

Pasang Lowongan Kerja Gratis 100% tanpa syarat hanya di Bankloker.com

Related Articles

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DUKUNG KAMI

396PengikutMengikuti
113PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles