Profil Prof. Yassierli, Tokoh K3 Indonesia yang menjadi Menteri Ketenagakerjaan

Loading

Jakarta, Oktober 2024 – Presiden terpilih 2024 – 2029 Prabowo Subianto mengumumkan penunjukan Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D., CHFP sebagai Menteri Ketenagakerjaan kabinet merah putih di Istana Kepresidenan minggu, 20 Oktober 2024.

Prof. Yassierli pernah menjadi Ketua Dewan Pakar Perhimpunan Ergonomi Indonesia selain aktif sebagai guru besar di Institut Teknologi Bandung (ITB) – Fakultas Teknologi Industri sebelum penunjukan menjadi bagian dari kabinet merah putih yang akan dilantik pada tgl 21 Oktober 2024.

Dikutip dari buku 100 tokoh K3 Indonesia,  Prof. Yassierli menceritakan pengalamannya melakukan assesmen dari hutan sampai tengah laut, mendalami ergonomi sejak diterima menjadi asisten di Laboratorium Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi – Teknik Industri, ITB sekitar 25 tahun yang lalu. Kemudian melakukan penelitian tugas akhir S1 dan penelitian tesis S2 (di Teknik dan Manajemen Industri – ITB) dengan topik terkait Ergonomi dan K3.

Hingga kesempatan pun tiba untuk menempuh program doktoral di Industrial & System Engineering Dept (ISE Dept), Virginia Tech USA, dengan opsi kekhususan Human Factors Engineering & Ergonomics. Industrial & System Engineering Dept (ISE Dept), Virginia Tech USA adalah kampus yang dikenal sebagai salah satu kampus terbaik di dunia dalam pendidikan ergonomi. Dimana Prof. Yassierli  masuk dalam dalam daftar segelintir orang di Asia Tenggara yang memiliki sertifikat Certified Professional Ergonomist (CPE) dari BCPE (Board of Certification in Professional Ergonomics) USA, dan kemudian diberikan amanah sebagai guru besar di bidang ergonomi industri di ITB.

Setelah menyelesaikan S3 dan melanjutkan 1 tahun kegiatan post-doctoral di ISE Dept – Virginia Tech USA, Prof. Yassierli pulang ke Tanah Air pada tahun 2006 dengan semangat yang bergelora untuk ikut serta mempercepat penerapan ergonomi di industri di Indonesia.

Saat itu, ergonomi banyak dikaitkan sebagai permasalahan gangguan otot rangka yang banyak dikeluhkan oleh pekerja, terutama berupa nyeri punggung bawah (low back pain) dan carpal tunnel syndrome. Keluhan banyak dilaporkan oleh para pekerja di industri pertambangan, energi, manufaktur dan lain-lain. Dalam beberapa tahun belakangan, keluhan atau gangguan otot rangka juga cukup banyak dilaporkan oleh para pekerja kantor.

Dalam konteks ini, ergonomi dikenal sebagai bagian dari Kesehatan Kerja dimana Prof. Yassierli selalu mengingatkan teman-teman di industri bahwa pendekatan ergonomi adalah preventif, dengan melakukan evaluasi dan perancangan ulang terkait dengan posisi kerja, alat kerja, pengaturan fasilitas kerja, metode kerja, lingkungan kerja dll.

Dalam konteks operasi dan produksi juga, intervensi ergonomi yang diusulkan banyak terkait dengan aktivitas atau sistem manual handling, yang memang berdasarkan hasil asesmen cepat yang dilakukan menggunakan kerangka Ergonomics Risk Assesment (ERA) menunjukkan aktivitas pekerjaan dengan risiko ergonomi yang paling tinggi.

© 2024 yassierli.com

Hingga kini, Prof. Yassierli sudah menerbitkan dua buku textbook tentang Ergonomi yang berjudul Ergonomi: Suatu Pengantar (bersama Dr. Hardianto Iridiastadi, MSIE) dan Ergonomi Industri (bersama teman-teman di Kelompok Keahlian Ergonomi dan Rekayasa Sistem Kerja – ITB). Puluhan publikasi ilmiah (nasional dan internasional) juga telah dipublikasikan sebagai rujukan penelitian terkait ergonomi, yang sebagian besar berangkat dari permasalahan nyata di industri.

Tahun 2015, Prof. Yassierli diamanahkan memimpin Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI). kemudian amanah berlanjut untuk periode kedua kepengurusan 2018-2021. Organisasi PEI salah satu kontrinbusinya adalah mengeluarkan panduan untuk industri (contoh: Panduan Work-from-Home, WfH)

Dalam tataran kawasan ASEAN, Prof. Yassierli pernah diamanahkan sebagai President of SEANES (Southeaset Asean Network of Ergonomics Societies) sehingga peluang menjadi lebih luas dalam membangun kolaborasi berupa joint seminar & conference, sharing lintas negara terkait regulasi K3, dll.

Selain itu inisiatif lain pun muncul telah dilakukan untuk membuat Ergonomics Check Points untuk berbagai industri yang berisikan panduan praktis penerapan ergonomi. Prof. Yassierli juga terlibat dalam membangun ACED (Asian Council on Ergonomics & Design), suatu organisasi profesi formal pada tataran benua Asia.

” . .Satu hal yang sangat membahagiakan dan saya sangat bersyukur adalah penghargaan yang diberikan oleh IEA (International Ergonomics Association). IEA Award yang cukup bergengsi yang diberikan setiap 3 tahun, dan pada tahun 2021, IEA memberikan kepada saya: The IEA Award for Promotion of Ergonomics in Industrially Developing Countries. ” ujarnya dalam buku setebal 716 halaman yang telah disunting oleh Hasanuddin dan Songa Siagian, dan diterbitkan oleh PT Alsys Media.

Belum cukup?

Jika ingin lebih tertarik dengan buah pikir dari Prof. Yassierli silahkan kunjungi situs pribadi yang dikelola bersama tim risetnya, tulisan tentang pendekatan yang berpusat pada manusia (People-Centered Approach) serta memiliki akar dalam psikologi humanistik, yang dikembangkan oleh tokoh-tokoh seperti Carl Rogers dan Abraham Maslow, dimana pendekatan ini kemudian berkembang dan diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk kesehatan, pendidikan, dan pembangunan komunitas, dengan fokus pada kesejahteraan dan partisipasi aktif individu dalam proses pengambilan keputusan.

Profil Lengkap

Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D., CHFP: 

Pendidikan:

  • S1 – ST. Teknik Industri, ITB (1993-1997)
  • Ir. (ITB) – 2019
  • S2 – MT. Teknik dan Manajemen Industri, ITB (1998-2000)
  • S3 – Ph.D., Industrial and Systems Engineering, Virginia Tech, USA (2001-2005)

 

Pengalaman Kerja:

  • Staf Pengajar & Peneliti, Fakultas Teknologi Industri ITB (sejak 1998)
  • Adjunct Faculty, Industrial and Systems Engineering, Virginia Tech, USA 2006.
  • Kepala UPT Pengembangan Manusia & Organisasi (PMO) ITB 2015-2017
  • Senat Akademik ITB 2024 – sekarang
  • Komite Manajemen Risiko MWA ITB 2024 – sekarang

 

Publikasi Buku:

  • Iridiastadi & Yassierli (2014). Ergonomi: Suatu Pengantar. Penerbit Rosda Karya
  • Yassierli, et al. (2020). Ergonomi Industri. Penerbit Rosda Karya
  • Yassierli, et al (2023). Design Thinking. Penerbit Rosda Karya
  • Lebih dari 30 paper jurnal internasional (Peer-reviewed)
  • Lebih dari 30 paper seminar internasional dan 15 paper seminar nasional

 

Pengalaman Konsultasi:

  • BUMN/BUMD (Transformasi SDM & Organisasi, Perencanaan strategis, Keselamatan Kerja, Produktivitas, Ergonomi/Human Factors, dll)
  • PT PERTAMINA (Persero), PT Pertamina E&P, PT Pertamina Drilling Service Indonesia, PT Pertamina Hulu Energi, Pertamina RU III & V, Pertamina Power Indonesia, PT PGE, PHE MWEO, PT Pertagas, PT Pertamina Trans Kontinental, dll
  • PT PLN (Persero), PT Indonesia Power, PT Pembangkit Jawa Bali (PJB), PT PJBS, PT MKP, PLN Energi Primer Indonesia, PLN Enjiniring, PLN Gas & Geothermal, PLN UIP II Medan, PT Bahtera Adiguna, PT Putra Indo Tenaga, PLN Pusharlis, PLN Tanjung Jati B, dll
  • Others: PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, PT Bumi Siak Pusako, PT Peruri, PT Elnusa, PT Kertas Padalarang, PT RNI, PT Geodipa Energi, JOB Tomori Pertamina-Medco, PT Unilever, PT Nasional Reasuransi, Perusahaan multinasional (Safety & Ergonomi): PT ExxonMobil Indonesia, PT ConocoPhillips Indonesia, PT INCO/PT Vale, PT Thiess Indonesia, PT Halliburton, PT Bredero Shaw, PT CocaCola Indonesia, dll
  • Lain-lain: PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin, PT Komatsu, PT Lintas Arta, PT Latinusa, Instansi Pemerintah dalam Penyusunan Renstra/Grand design/Master Plan: Kementerian Kesehatan, Kementrian Perhubungan, Kementrian ESDM, Komite Tenaga Kerja Indonesia, Kab Bangka Barat, berbagai RS vertikal (RSCM, RSHS, RSJPD HK, RS Persahabatan, RS Fatmawati, RS Adam Malik, RS M Djamil) dll
  • Instansi Pemerintah dalam Pengembangan SDM & Organisasi: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bank Indonesia, Kementerian Kesehatan, Pemda Kota Bandung.

 

Sumber referensi:

https://yassierli.com/about/

Tokoh K3 Indonesia Tim Editor HASANUDDIN SONGA SIAGIAN diterbitkan oleh PT Alsys Media

Share this post :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *